Rabu, 15 Maret 2017

TIPS TRAVELING KE BANGKOK

1. Turun di bandara Suvarnabhumi (BKK) 
Tips dimulai dari pertama kali kita menginjakkan kaki di Bangkok. Kok bandara jadi tips sih? Iya, Karena turun di bandara utama ini mempermudah 2 hal: pertama, transportasi ke pusat kota Bangkok tinggal naik ARL (Airport Railway Link) yang interchange sama BTS dan MRT. Naik skytrain yang cepat tentunya lebih nyaman dan efisien dibandingkan harus naik bus seperti kalau kita turun di bandara Don Muang. Kedua: Money changer terbaik di Bangkok (Superrich, Valueplus, dan Super Rich1965) tiga tiganya punya kios di bandara ini yang buka sampai malam. So, kalau pesen tiket pesawat diperhatikan ya bandara tujuannya mana. 
Bandara Suvarnabhumi lantai keberangkatan (Departure)

      2. Menukar uang di Bangkok 
      You’ll get more baht if you change your money at Bangkok. Itu tulisan blogger luar, lupa siapa, saking banyaknya blog, pintrest dan semacamnya yang saya baca tentang Bangkok. Tapiiiii, tukernya jangan dalam bentuk rupiah yaa.. karena ga semua money changer mau terima rupiah, kalaupun ada mungkin cuma di cabang pusat. Tuker dulu uangmu dalam USD biar lebih mudah dan harganya stabil.

Rekomendasi Money changer di Bangkok 
Begitu sampai di bandara Suvarnabhumi kalian akan langsung ketemu banyak banget money changer di lantai kedatangan dan area transit, JANGAN TUKER DISITU. Kenapa sampai capslock jebol ya? Pokoknya jangan. Karena ratenya jungkir balik, jelek banget. Money changer dengat rate yang sesungguhnya bisa kalian temukan di B floor, deket pintu masuk ARL. Ada banyak money changer disitu, waktu saya datang, Superrich Thailand (hijau) dan Valueplus, punya rate yang paling tinggi.

Kalau mau mengecek kurs baht bisa cek di websitenya Superrich di sini 

Kalau mau dapet rate yang terbaik kalian bisa pergi ke kantor pusat di Bangkok. Tapi ratenya ga beda jauh kok sama cabang yang di bandara ini, waktu saya datang selisihnya Cuma sekitar 0,04 baht per 1 USD.
Jadwal Buka disetiap cabang Superrich
3. Beli tiket BTS one day pass
Beli tiket BTS one day akan lebih murah jatuhnya kalau dalam satu hari naik BTS lebih dari 3 kali. Kalau dalam satu hari cuma naik 2 kali (sekali berangkat dan sekali pulang) lebih murah kalau kalian beli tiket sekali jalan.

Nah sekarang, bagaimana caranya beli tiket BTS? klik ini : Transportasi di Bangkok
       
  4. Pilih hotel yang dekat dengan stasiun BTS atau MRT 
      Kalau kalian pilih-pilih hotel di Bangkok, saran saya jangan cuma lihat fasilitas dan harganya aja, selalu buka mapnya, dan pastikan posisinya ga jauh dari stasiun BTS/MRT. Jangan habiskan tenaga kalian buat jalan kaki jauh dari tempat pemberhentian BTS/MRT ke hotel. Mending habiskan tenaganya buat seneng2 aja, belanja misalnya :p

      5. Selalu tuliskan di exit berapa kalian turun 
      Waktu kalian menyusun itinerary perjalanan, tambahkan juga harus keluar di exit berapa saat naik BTS atau MRT. Ini ngebantu banget sih, jadi kalian ga harus jalan kaki lebih jauh karna salah pintu keluar. Informasi ini bisa kalian temukan dengan gampang di google maps. Tinggal dilihat posisi tujuan kalian lebih dekat dengan exit berapa.

6. Pilih Streetfood yang dimasak di depan mata kalian
Banyak kasus diare waktu Traveling di Bangkok. Ga ada yang mau kan harus berurusan dengan diare dimomen liburan. Nah caranya biar ga dapet zonk, pilih streetfood yang paling rame orang antri. Khususnya buat seafood, pastikan dimasak didepan mata kalian, jangan beli dalam bentuk sudah matang dan sudah lama terpapar udara. Rawan ga fresh dan bikin diare parah!

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Hotel+pesawat 3,5 disananya aku bawa 300 usd. Udah. Ga ada tambahan macem2 lagi. Sisa malah

      Hapus